Ma’had Aly Al-Hikmah 2 yang mendalami takhasush Al-Quran dan ilmu al-Quran akan menggelar Bahtsul Masail Qur’any dengan tema Konsep Wasathiyah dalm Al-Quran. Acara ini akan diadakan pada Ahad sampai Selasa, 15-17 Desember 2019.

Peserta bahtsul masail kali ini akan dihadiri oleh Ma’had Aly takhasush Al-Quran dan ilmu al-Qur’an se Indonesia, Ma’had Aly se Jawa Tengah dan Jawa Barat, dan beberapa pondok pesantren di Jawa tengah.

Tidak seperti bahtsul masâil diniyyah pada umumnya yang mencari solusi hukum atas persoalan tertentu, Bahtsul Masâil Quranî di sini lebih mencari solusi maknawî yang terkandung dalam al-Quran atas persoalan yang dibahas, sehingga makna atau konsep (istilah lain yang sepadan) tentang tema atau masalah yang dibahas dapat dijadikan wawasan atau pedoman masyarakat dalam memahami dan melihat fenomena terkait permasalahan tersebut.

“Oleh sebab itu, pendekatan dalam pembahasan bahtsul masâil ini tidak menggunakan pendekatan hukum, tetapi akan menggunakan pendekatan tafsir.” Ungkap panitia dalam surat undangannya.

Permasalahan dalam kegiatan bahtsul masail ini di bagi menjadi 2 tema besar yakni Ekstrim dan Moderat. Ekstrimisme dan varianya seperti radikalisme, liberalisme dsb (atau dengan meminjam istilah al-Guluw, at-taṭarruf, at-tafrîṭ,) seakan menjadi faham dan karakater negative atau bermasalah yang harus dihindari. Sedangkan faham Moderat (al-wasaṭ) dan variannya seperti keadilan (al-‘adl) dan konsisten (istiqâmah) seakan menjadi Karkater positif dan solutif sehingga menjadi faham yang direkomendasikan oleh al-Quran. Karena itulah, bahtsul masail ini dibagi menjadi dua komisi, Komisi 1 menjawab konsep Moderat dan variannya dalam Al-Quran dengan mushohih Dr. KH. Ahsin Sakho M. MA..  Komisi 2 akan membahas Extrimisme dan Variannya dalam Al-Quran dengan mushohih Dr. Abdul Moqsith Ghazali.

Akan hadir pula KASUBDIT Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly Direktorat PD. Pontren Kemenag RI, H. Aceng Abd. Aziz, M.Pd. dan  KH. Dr. TGB. M. Zainul Majdi  atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang  sebagai Keynote Speaker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *