Bangkalan, amali.com – Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (AMALI) mengadakan Bimtek Pengisian Emis di Ma’had Aly Nurul Cholil, Demangan Bangkalan, Kamis-Jumat (27-28/2/2020). Acara ini diikuti oleh tenaga pendidik dari masing-masing Ma’had Aly Indonesia. “Kami bangga, pondok kami menjadi tuan rumah acara Ma’had Aly yang diikuti oleh peserta dari Aceh sampai Sulawesi. Semoga tambah berkah.” Tutur KH. Fathurrozi Zubair saat mengisi sambutan atas nama tuan rumah.

Dibuka oleh KH. Abdullah Zubair, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Ma’had Aly Nurul Cholil yang dilantunkan oleh paduan saura santri PP. Nurul Cholil. Banyak peserta Bimtek yang kagum.

KH. Abd. Djalal, M.Ag. Ketua AMALI menyampaikan bahwa Bimtek Emis ini penting, “Bulan Sya’ban dan Syawal nanti, beberapa Ma’had Aly akan mewisuda mahasantrinya. Nama mereka harus tercantum dalam pangkalan data EMIS agar mereka pendidikan mereka diakui dan bisa melanjutkan jenjang selanjutnya, S2 maupun S3.” Tutur beliau dalam sambuatannya.

Selain itu, Yi Djalal yang kagum dengan soliditas dan loyalitas  Alumni PP. Nurul Cholil terhadap pesantren, “harapan saya, semoga hal ini bisa ditiru oleh alumni-alumni Ma’had Aly nanti, sehingga bisa berkontribusi besar terhadap pesantren dan pengembangan keilmuan. Kita akan buat semacam konsorsium alumni Ma’had Aly se Indonesia agar beberapa alumni bisa saling berbagi dan saling mengisi baik dalam pengembangan Ma’had Aly, keilmuan, dakwah, atau yang lebih luas dari itu.” Ungkap ketua AMALI yang akrab dipanggil Yi Djalal.

Hadir pula dalam acara tersebut, Aziz Shaleh (Kasubbag Data & Sistem informasi, Serditjen Pendidikan Islam, Kemenag RI), Agung Laksono, S.Kom. dan  Ahmad Najibullah,S.Kom, M.Sc. (Tim IT Kemenag RI).        

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *