Untuk menyempurkan proses akademik dan sebagai bentuk tanggung jawab keilmuan (mas’uliyah al-‘ilmi), di akhir kegiatan akademik santri Ma’had Aly Marhalah Tsaniyah diwajibkan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Masyarakat yang dimaksudkan di lingkungan Ma’had Aly Situbondo adalah masyarakat pondok pesantren dan masyarakat umum. Oleh sebab itu, pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan di Ma’had Aly Situbondo dikenal dengan istilah Pemberdayaan Pesantren dan Masyarakat (PPM).

PPM tahun ini akan dilaksanakan semenjak 15 Jumadil Akhir hingga 15 Sya’ban 1441 Hijriah atau bertepatan dengan 9 Pebruari hingga 9 April 2020 Masehi. Program pengabdian ini ditujukan agar santri Ma’had Aly bisa Ifādah (berbagi wawasan) dengan mengembangkan kajian kitab kuning di pesantren atau asrama tempat bertugas, selain juga ditujukan agar bisa Istifādah (menambah wawasan) dengan mempelajari pola-pola kehidupan keagamaan masyarakat di berbagai daerah di Nusantara.

Program pengabdian ini ditempatkan di pesantren-pesantren yang memiliki afiliasi terhadap pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, khususnya kepada Ma’had Aly Situbondo. Pesantren yang dimaksud bisa saja pesantren yang didirikan oleh alumni PP. Salafiyah Syafi’iyah Situbondo atau pesantren dan Ma’had Aly lain yang sudah mengajukan permohonan tertulis kepada panitia.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:

Izzul Madid – 085213551324
email: mahadalysitubondo@gmail.com

sumber : mahadaly-situbondo.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *