Situbondo, (01/07). Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (AMALI) mengadakan Silaturrahim Nasional antar Mudir/ Direktur Ma’had Aly se Indonesia. Kegiatan ini diadakan di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo dari tanggal 1-2 Juli 2019. Silatnas rutian diadakan untuk merumuskan agenda satu tahun ke depan.

Silatnas kali ini akan membahas permasalahan yang cukup mendesak, di antaranya format nomor induk mahasantri, pangkalan data Ma’had Aly, format ijasah atau syahadah, evaluasi pelaksanaan akreditasi, dan akseptabilitas alumni di lembaga formal.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kemandirian Ma’had Aly dalam melaksanakan kegiatan. “Kemandirian ini harus kita rawat, jaga, dan kawal. Kita tidak usah bergantung kepada pihak manapun dalam melaksanakan kegiatan, seperti acara ini yang dilaksanakan dengan biaya sendiri. Ma’had Aly sejak dahulu terbiasa mandiri dan tidak mau diintervensi dalam pengelolaan dan penyusunan kurikulum.” Kata ketua Amali KH. Dr. Abd. Djalal, M.Ag.

KH. Afifuddin Muhajir sebagai Dewan Pengarah Amali mengatakan, “Ma’had Aly adalah lembaga tinggi yang masih berumur muda. Karena itu, patut diadakan silatnas untuk mencari format yang baik dan karena Ma’had Aly memiliki ciri khas yang berbeda dari perguruan tinggi lain.”

Acara Silatnas dibuka oleh KHR. A. Azaim Ibrahimy pada jam 16.30 WIB sore hari. “Silatnas adalah salah satu wujud nyata khidmah kami atas cita-cita masyayikh pendiri pondok pesantren ini. Kiai As’ad pada akhir hidupnya meletakkan batu pertama pendirian Ma’had Aly dalam rangka mewujudkan wasiat Hadrotus Syaikh Hasyim Asyari untuk mencetak kader-kader ahli fikih.” Dawuh kiai Azaim saat membuka Silatnas.

Acara ini dihadiri oleh Mudir dan utusan dari 35 Ma’had Aly di Indonesia. Pada tanggal 03 Juli, mereka akan menghadiri HIDMA (Haflah Ikhtitam Dirasah wa Muhadlarah ‘Ammah) Ma’had Aly Situbondo ke XI. Utusan Rektor Jamiah al-Azhar Kairo Mesir, Syekh Ibrahim el-Hud Hud akan dating pada acara tersebut. Amali juga akan mengadakan MoU dengan Jamiah al-Azhar Mesir dalam menyebarkan Islam Wasathiyah. (khl)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *