JEPARA, Suaranahdliyin.com – Berbagai lembaga, instansi dan para pegiat falak memenuhi Pantai Kartini, Jepara, Ahad (5/5/2019). Kedatangan mereka adalah untuk melakukan rukyatul hilal untuk penentuan awal Ramadan 1440 H / 2019 M.

Rukyatul hilal yang dibuka oleh Edi Sujatmiko (Sekda Jepara) mewakili Bupati H. Ahmad Marzuqi, ini dihadiri para tokoh seeprti Noor Rosyid (Kepala Kemenag Jepara), Siti Zuliyati (BHRD/ Kasi Syari’ah Kemenag Jepara), Gus Sayful Mujab NSS (Lembaga Falak PWNU/ Ponpes Setinggil Kriyan), H. Ahmad Faiz (mudir Ma’had Aly TBS Kudus), Ustadz Azhar Lathir (pakar falak madrasah TBS Kudus).

Selain itu, hadir pula perwakilan dari Pengadilan Agama Jepara, Dinas Sosial Jepara, Kesbang Jepara, MUI Jepara, Lembaga Falak NU Jepara, perwakilan dari PD Muhammadiyah, UNISNU Jepara, IAIN Kudus dan para pegiat falak lain.

Menurut Siti Zuliyati, rukyatul hilal di Pantai Kartini, digelar sebanyak tiga kali dalam setahun. ‘’Rukyatul hilal digelar untuk penentuan awal Ramadan, awal Syawal dan awal Dzulhijjah,’’ jelasnya. ‘’Banyak juga pegiat falak dari perguruan tinggi, madrasah aliyah dan berbagai pondok pesantren setiap kali rukyatul hilal digelar,’’ lanjutnya.

Untuk awal Ramadan 1440 H., Siti Zuliyati berkeyakinan akan jatuh pada Senin (6/5/2019) esok hari. ‘’Namun untuk kepastian, tetap harus menunggu pengumuman resmi dari pemerintah,’’ paparnya. (ros/ adb, rid, gie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *