SEMARANG, amali.or.id- Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (AMALI) direncanakan akan menggelar silaturrahmi secara nasional dengan seluruh Mudir atau pimpinan lembaga Ma’had Aly pada 18 sampai 20 November 2021 di Pondok Pesantren Walindo, Pekalongan, Jawa Tengah.

Di dalam silaturrahmi nasional tersebut juga akan digelar simposium dengan tema utama yang akan diangkat adalah isu moderasi beragama. Di samping itu, juga turut diadakan workshop bagi tenaga kependidikan yang mewakili Ma’had Aly se Indonesia.

Ketua panitia Silatnas dan Workshop Tendik Ma’had Aly se Indonesia, K. Nuruddin Lubis, M.Hum saat dihubungi menyatakan bahwa Silatnas Mudir ini merupakan pertemuan resmi para pimpinan Ma’had Aly se Indonesia untuk menyatukan visi dan upaya moderasi beragama di Indonesia.

“Silaturrahmi dengan isu moderasi beragama ini cukup strategis untuk segera diadakan, mengingat Ma’had Aly sebagai pendidikan tinggi dalam lingkungan pesantren tiap tahun meluluskan calon ulama-ulama muda yang akan berkiprah di tengah masyarakat. Pertemuan para Mudir ini merupakan ikhtiar kita untuk memastikan agar Ma’had Aly di Indonesia benar-benar memiliki semangat moderasi beragama” Ujar K. Nuruddin.

K. Nuruddin Lubis juga menyatakan akan ada empat agenda utama yang akan diangkat dalam Silatnas kali ini, yaitu isu moderasi beragama, Implementasi Dana Abadi Pesantren, manajemen pengelolaan institusi Ma’had Aly dan manajemen pengelolaan pangkalan data Ma’had Aly.

Acara silaturrahmi nasional para Mudir Ma’had Aly ini, akan dibuka secara langsung oleh Menteri Agama, H. Yaqut Cholil Qoumas. Gus Yaqut sendiri juga direncanakan akan menyampaikan stadium generale dengan judul Pengarusutamaan Moderasi Beragama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *